Kamis, 06 Maret 2014

Teknik – Teknik Memasak (Part II)

Teknik – Teknik Memasak

(Part II)

1.       Menyetup
Menyetup adalah salah satu teknik memasak yang cara memasaknya tergantung jenis bahan makanan yang akan diolah. Berikut teknik yang dapat digunakan.
  • Untuk daging : setelah daging digoreng, daging disetup supaya lunak. Caranya adalah dengan meletakan daging yang telah digoreng ke dalam panci kemudian dituang air dan biarkan sampai mendidih dengan api kecil, hingga masak dan lunak. 
  • Untuk sayuran : sayuran yang telah direbus (jika ada air sisa perebusan dapat dituangkan) dan ditambahkan margarin atau mentega dan bumbu, panci diletakkan kembali diatas api. Sayuran yang disetup akan kehilangan sebagian kandungan vitaminnya, tapi masih ada cara yang lain dengan menambahkan mentega atau margarin pada sayuran yang telah direbus selagi sayuran masih panas. 
  • Untuk buah : prosesnya hampir sama dengan merebus akan tetapi air perebus ditambahkan air gula dan keningar, dan setelah buah sedikit lunak air perebus dikentalkan dengan tepung kanji. Buah yang biasa disetup adalah nenas, kedondong, terung belanda, bengkuang dll.

2.       Menumis
Adalah membuat bahan makanan menjadi layu atau setengah masak dengan sedikit minyak/mentega/margarin agar lebih harum dan sedap.

3.       Memanggang
Adalah membuat masakan langsung diatas bara api hingga kemerah - merahan dan matang, sehingga mendapat lapisan yang kering, dapat dilakukan pada roti dan daging.

4.       Memanir
Salah satu teknik memasak dengan cara member lapisan telur + tepung panir pada makanan yang akan digoreng. Dengan maksud memanir adalah
·      Supaya makanan yang digoreng mendapatkan kulit yang kering dan warna kecoklat – coklatan.
·      Tidak menghisap banyak minyak dan tidak mudah pecah waktu digoreng.
·      Bagian dalam dari masakan tidak menjadi kering.
Makanan yang dipanir antara lain ialah kroket, risolles, lapis daging, dll.

5.       Membakar/Mengepan
Memasak bahan makanan  dalam oven sehingga masakan menjadi kuning atau kemerah – merahan. Mengepan biasa dikerjakan pada :
·      Kue kering, tar, cake, roti dll.
·  Beberapa macam masakan untuk memperoleh lapisan kulit dan warna kuning kecoklat – coklatan.
Oven sebelum dipakai harus dipanaskan, lebih – lebih untuk kue yang harus mengembang. Makanan yang dioven diletakkan dalam Loyang, cetakan atau pinggan tahan panas. Dan yang harus diperhatikan adalah :
·      Makanan yang harus mengembang dan lama masaknya diletakkan dibagian yang agak bawah.
·      Makanan yang harus kering dan mendapatkan lapisan kecoklat – coklatan diletakkan ditengah – tengah.
·      Makanan yang membutuhkan lapisan kecoklat – coklatan saja diletakan diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No live link and No out of Topic please! Thank and enjoy it!

 

Fryta's Blog Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Blogger Template Supported by web development service